Hati-hati menggunakan pemendek url secara berlebihan

Jika dahulu kita sering melihat kalimat "Hati-hati mengklik/mengunjungi url singkat, atau semacamnya", kini nampaknya kalimat tersebut tidak hanya untuk orang yang hendak mengunjungi link yang tersembunyi dalam pemendek url, tetapi juga berlaku untuk kita sebagai pemilik blog yang hendak membagikan link yg dibungkus dengan pemendek url (URL Shortener).


Hati-hati menggunakan pemendek url secara berlebihan

Dibalik fungsinya yang bermanfaat untuk memendekkan url yg panjang, menggunakan pemendek url secara berlebihan juga memiliki efek yang mungkin akan kurang menyenangkan. 
Ini adalah pengalaman pertama blog ini masuk dalam blacklist salah satu url shortener setelah sekian kali melakukan kebiasaan berbagi link menggunakan url singkat. Entah apa dan siapa penyebabnya, namun yang pasti url blog ini telah di laporkan sebagai blog spam. Bisa dilihat dibawah adalah url dari artikel "jalantikus.com download game pc dan android gratis terbaru dengan server lokal" masuk dalam daftar hitam. 

 link disabled, hati-hati menggunakan pemendek url

Dan sekalinya blog kita masuk dalam blacklits url shortener tersebut, maka kita tidak bisa menggunakan pemendek url tsb untuk memendekkan url link blog kita, dan semua link yang penah kita pendekkan menggunakan url shortener tersebut akan masuk dalam daftar hitam mereka. 


URL Shortener

Mungkin tidak begitu menjadi masalah jika hanya tidak bisa menggunakan pemendek url tsb, namun lihatlah tulisan pada kotak yang berwarna hitam diatas, terlihat sangat tidak menyenangkan sekali kawan, Lol.
Bagi sebagian blogger mungkin mereka akan memahami/memaklumi tentang itu, tetapi bagaimana dengan orang lain yang menemukan link kita. Katakanlah mereka melihat artikel menarik dari tempat lain, dan kemudian disana ada link rujukan ke blog kita, namun kita menggunakan anchor link dengan url singkat. Kemudian mereka klik link tersebut dan ternyata apa yang mereka dapatkan adalah halaman seperti di atas...
Ourgh... buruklah pandangan mereka terhadap blog kita. Itu menjadi kampanye yang sangat buruk tentunya.
Isi dari klimat diatas terlihat lebih prah jika dibandingkan blog yang dihapus oleh pihak blogger. 
(Bah, sambil lebay ni nulisnya)


Blog dihapus blogger
Sama-sama sebuah hukuman, tp blogger trlihat lebih menghargai penggunanya dengan tidak secara langsung mempublikasikan kepada publik mengapa dan apa yang terjadi sehingga menyebabkan blog dihapus. 

Gitu banget ya postingan ini... Ini hanya sebuah ungkapan kekecewa'an saja kawan xD

Itulah dampak jika kita tidak berlaku dengan semestinya. dan melalui postingan ini saya hanya ingin berbagi pesan hati-hati menggunakan pemendek url, jangan berlebihan dalam menyebarkan Link, terlebih untuk yang suka mengikuti kontes. 
Pilihlah url shortener yang bersahabat dengan kita dan dimana kita hendak menaruh link tersebut.
Dan semoga kita sesama blogger tidak menggunakan cara ini untuk merugikan blogger lain.

Salam,

8 komentar:

  1. o gt ya, br tau nih..thanks gan

    BalasHapus
  2. ternyata ngeri juga ya sob, dampat nya , he..........m makasih banyak sob atas informasinya

    BalasHapus
  3. Ya kurang lebih seperti Om, terima kasih kembali y buat kunjungan kalian

    BalasHapus
  4. untung saya tak pernah pake pemendek URL hehe.. makasih gan infonya :)

    BalasHapus
  5. wah saya sering banget menggunakan url shortener om. hehehe :D

    BalasHapus
  6. Intan Sudibjo ; Nama situ Intan atau Untung sih :D
    Wahyu Eka P ; Aku juga OM, bikin penasaran soalnya ;-)

    BalasHapus

 

© 2014 www-60.blogspot.com. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top